Kamis, 26 Mei 2016

PENGALAMAN BURUK DI JEPANG

Di balik kehidupan saya yang sudah mulai stabil seperti sekarang, dalam artian sudah beradaptasi dengan baik, tidak banyak yang tahu bahwa saya pernah mengalami beberapa pengalaman buruk pada masa awal-awal tinggal di Jepang. Karena tak selamanya adaptasi di tempat baru itu menyenangkan. Menantang sih iya, tapi ada kalanya slogan the struggle is real itu benar adanya.

Jadi ceritanya saya nerveous banget saat itu karena pertama kali ke luar negeri, dan akan tinggal lama pula untuk sekolah. Selama di pesawat saya nangis terus karena nervous dan takut. Ya takut jauh dari keluarga dan takut tidak bisa membayangkan bagaimana kehidupan di Jepang nanti. Kecapekan nangis saya akhirnya ketiduran dan saat bangun pramugari mengumumkan bahwa sekitar 30 menit lagi pesawat kami akan tiba di Tokyo.

Jam 7 pagi waktu Tokyo, pesawat mulai melandai. Penumpang dipersilakan turun dan saya pun ikut mengantri turun. Saya makin deg-degan, gimana ya nanti kalau melewati bagian imigrasi, kan saya tidak bisa Bahasa Jepang, pikir saya. Saat keluar dari pesawat, saya turun begitu saja tanpa merasa ada yang aneh, sampai saya keluar dari pesawat dan menuju bagian imigrasi, saya merasa ngga enak, seperti ada sesuatu yang kurang. Ternyata……..map saya yang berisi dokumen-dokumen penting ketinggalan di pesawat. Gawat! Saya langsung lari kembali ke pesawat. Sayangnya, saat itu semua penumpang sudah turun dan ketika saya ingin masuk, pramugari nya melarang. Saya bilang ada barang ketinggalan. Dia bertanya saya duduk di kursi nomor berapa. Saya lupa nomor kursi saya, dan parahnya tiket saya juga ada di map itu. Akhirnya saya bilang ngasal 33c, ingetnya sih di baris 32-33 gitu dan ngga hafal abcde nya. Mereka bilang ngga ada. Saya makin panik. Gila kan, tanpa passport dan visa bisa-bisa saya diindikasi imigran gelap. Tolong dong cari disebelahnya, pinta saya, berkali-kali. Saya minta ijin buat nunjukin posisi kursi saya, jadi setidaknya mereka mencari di kursi saya dan mereka tetap tidak memperbolehkan. Setelah lama menunggu akhirnya mereka bilang bahwa seluruh bagian pesawat udah dibersihkan dan tidak ada barang yang tertinggal. Saya tetap ngotot minta dicariin lagi dan lagi. Sampai seorang pramugari cantik tergopoh-gopoh membawa map hijau saya. Alhamdulillah. Parah banget kan ngga teliti banget coba. Bahkan waktu ambil bagasi, udah ngga ada orang. Pelajaran juga sih bagi saya yang sering ngga teliti ini. Sejak saat itu, saya memegang dokumen saya erat-erat.

Cerita kedua. Jadi ceritanya saya sudah punya buku tabungan dan ingin mengambil uang gitu di atm untuk pertama kalinya. Masukkan kartu sudah. Masukkan password **** SALAH, coba lagi **** SALAH LAGI. Ya ampun, masa sih aku sepelupa itu sampai password ATM aja ngga inget. Saat itu juga saya langsung pergi ke bank terdekat, dengan berbekal google translate dan kosakata yang seuprit untuk bertanya kepada petugas bank. Saya bilang ke tellernya saya lupa password (ngga lupa sih sebenernya, tapi kenapa password yg saya masukin salah). Akhirnya teller memberikan 4 nomor rahasia tersebut. Saya penasaran dong kenapa sih ini password bisa salah. Ya Tuhan…..ternyata gara2 ini toh. Tau ngga kenapa? Jadi intinya salah satu password saya itu ada angka 7 nya. Dan di Jepang itu, kalau nulis angka 7 harus ada garis tengahnya gitu lho, jadi kalau nulis angka 7 biasa dianggapnya angka 1. Intinya password saya ketuker angka 7 dan angka 1. Kata senior saya sih, sepanjang apapun kamu bikin garis yang atasnya (angka 7), tapi kalau ngga ada garis tengahnya dianggapnya angka 1. Logika macam apa ini!


Angka 7 khas Jepang

Sebetulnya masih banyak pengalaman buruk yang saya alami selama masa-masa awal beradaptasi di sini. Tapi semua itu memberikan saya pelajaran dan tantangan tersendiri sebelum masuk ke comfort zone seperti sekarang. Hal-hal tersebut akan mengingatkan saya nanti tentang Jepang.

2 komentar:

  1. Berdasarkan pengalaman, tinggal di Jepang gampang gampang susah. Ada hal yang di Indonesia susah tapi di Jepang simpel begitu pun sebaliknya di Indonesia mudah mendapatkannya di Jepang susah hehe..
    Visit blog saya tentang Jepang juga di https://robbymardiansyah.blogspot.co.id/. ditunggu visit nya ya..
    yoroshiku

    BalasHapus
  2. Berdasarkan pengalaman, tinggal di Jepang gampang gampang susah. Ada hal yang di Indonesia susah tapi di Jepang simpel begitu pun sebaliknya di Indonesia mudah mendapatkannya di Jepang susah hehe..
    Visit blog saya tentang Jepang juga di https://robbymardiansyah.blogspot.co.id/. ditunggu visit nya ya..
    yoroshiku ne...

    BalasHapus